WWF, organisasi konservasi dunia



//intermezo


di kantin kampus...

"ndu,lagi ngapain kau?" sahut seorang temanku
"lagi galau.." menjawab dengan tampang menyedihkan
"bagh.. galau knapa cacad?" tanyanya kemudian
"bingung mau bahas apaan di blog" masih dengan tampang menyedihkan
"oo.. buat CDC ya? tema nya apa?" merespon dengan tanggap
"Save our earth.. bantuin dong!!" kali ini dengan tampang memelas
"bahas WWF aja ndu!!" sambil nepokin bahuku
"HAH?? SMACK DOWN??" berubah tampang kaget, udah gak tau gimana bentuknya
*hening sejenak
lalu... "ndu.. kau IDIOT" lalu hening lagi
krik........... krik...........

SUMPAH!! asli kayak orang paling gak G4wuL sedunia akherat.. Kayak lagi pake baju samaan di pesta, tersesat di dunia kembar.. #GakPenting. Akhirnya keluarlah jurus terakhir.. TANYA MBAH GOOGLE!!


Setelah melakukan pencarian. Terdamparlah aku di salah satu web yang berisi informasi mengenai WWF.
Ternyata eh ternyata.. WWF itu bukan World Wrestling Federation alias Smack Down. WWF adalah sebuah organisasi konservasi lingkungan dunia. Simplenya begini, organisasi WWF ini melakukan banyak project dalam upaya melindungi satwa-satwa serta ekosistemnya dari kepunahan.

INGAT!! Saya tidak membahas WWF yang ini !!

seperti yang saya kutip dari official web dari WWF :

WWF adalah sebuah organisasi terbesar berskala internasional di dunia konservasi yang didirikan secara resmi pada 29 april 1961. Kantor pertamanya di buka pada bulan september 1961 di kota Morges, Swiss. WWF juga memiliki kantor untuk jaringannya yang disebut dengan WWF INTERNATIONAL di kota Glend, Swiss. Sekarang, WWF telah memiliki banyak kantor cabang di berbagai negara (termasuk Indonesia lho!!) dan sejak didirikan kurang lebih 50 tahun lalu WWF telah menginvestasikan sekitar 10 milliar US Dollar untuk lebih dari 13.000 proyek. Sesuatu banget !!

Pada awalnya, WWF adalah sebuah singkatan dari World Wildlife Fund. Namun karena dianggap tidak mencakup ruang kerja organisasinya, maka di tambahkan menjadi World Wildlife Fund for Nature. Organisasi yang mengambil logo seekor panda bukan pandu ini memiliki Misi untuk menghentikan degradasi lingkungan alam dan membangun masa depan dimana manusia hidup selaras dengan alam dengan mengkonservasi di dunia keanekaragaman hayati dan mempromosikan pengurangan polusi dan konsumsi sumber daya alam yang tidak boros. Dengan bekerja sama dengan banyak mitra seperti PBB, UICN, USAID, dan WORLD BANK, organsasi ini semakin kuat dan terus menerus melakukan berbagai upaya dalam menjalankan misinya tersebut.

NAH!! sekarang kita udah tau apa itu WWF sebenarnya. Menurut saya pribadi nih, organisasi yang seperti ini nih yang wajib kita dukung. Seperti di Indonesia dengan WWF INDONESIA nya. Seharusnya pemerintah memberikan kontribusi yang besar tehadap organisasi ini. Dan satu lagi, tentu saja kita juga memulai ikut andil dalam pernjagaan lingkungan.

Sebenarnya kita dapat menemukan organisasi sejenis di lingkungan kita. Misalnya saja di kampus, ada organisasi MAPALA (Mahasiswa Pencinta Alam) yang visi misi nya kurang lebih sama. Dengan kita mengikuti organisasi seperti ini, otomatis kita akan lebih mencintai alam. Dan namanya sudah cinta, anggap sajalah pacar, istri atau suami, dan anak anda. Bukankah anda tidak mau orang yang anda cintai dicelakai oleh orang lain?

Oke, cukup sudah sedikit pembahasan saya mengenai WWF. Sekarang saya mengerti, anda mengerti. Saya tidak akan di bilang idiot lagi #SenyumLicik. Maap jadi curhat >.<.

Sebagai penutup, harapan saya semoga apa yang WWF (dan organisasi sejenis) lakukan, membuka mata kita untuk segera bertindak dalam pencegahan kerusakan lingkungan yang lebih parah demi kelangsungan hidup manusia, hewan, dan tumbuhan.

Go WWF, Go Indonesia, dont stop doing that
sumber : www.panda.org

0 komentar: