Orangutan is keeper


Pliss!! Jangan salah artiin judul diatas. Maksud judul di atas bukanlah seorang kiper (Goalkeeper) Layaknya Iker Cassilas, Gianluigi Buffon  atau Edwin Van der Sar. Walau ada beberapa yang jago !! :P


Yang saya maksud adalah sebagai penjaga bumi kita tercinta. Orangutan adalah salah satu primata penjaga bumi. Orangutan juga diberi julukan PAYUNG DUNIA. Namun sayang orangutan yang menjadi salah satu hewan dilindungi sekarang sangat terbatas populasinya dikarenakan habitatnya (hutan) perlahan-lahan menjadi gundul oleh tangan manusia. #miris

Populasi orangutan yang 90% nya berada di Indonesia kini perlahan kehilangan tempat tinggal. Orangutan banyak ditangkap sebagai bahan obat atau untuk diadopsi (halaah!!) menjadi hewan peliharaan. Padahal orangutan ini adalah salah satu primata yang unik. Orangutan adalah spesies yang memperkaya keanekaragaman flora dan fauna. Gak percaya? Cekidot ceui!! :D

All About Orangutan !!

Dikarenakan saya tidak pernah kenalan secara langsung atau tinggal satu komplek dengan orang utan, dan tentu saja juga tidak pernah sekolah bersama, mungkin hasil copy-paste-edit dibawah lebih dapat menerangkan berbagai hal tentang orangutan.

Menurut sumber, Orangutan adalah hewan arboreal (hewan pohon) terbesar di dunia. Orangutan adalah primata yang dimorfik (punya dua bentuk berbeda) secara jenis kelamin, yaitu orangutan jantan memiliki ukuran tubuh jauh lebih besar dari betinanya. Bobot orangutan jantan bisa mencapai 150 kg, sedangkan yang betina hanya mencapai setengan berat badan syang jantan. Mungkin inilah alasan mengapa tidak ada orangutan (jantan) yang menjadi suami takut istri. SKIP!!

Orangutan memiliki bulu tebal kecoklatan di sekujur tubuhnya. Memiliki tangan dan kaki yang kurus dan panjang. Kakinya dapat digerakkan ke segala arah sebagaimana gerakan tangan, dan jari kakinya juga mirip dengan jari tangannya yang digunakan ketika bergelantungan dan memegang dahan. Dalam satu kelompok,   hanya ada satu orangutan jantan yang memiliki gelambir pipi. Orangutan yang memiliki gelambir pipi memiliki kedudukan yang lebih tinggi dalam hal kawin dengan betina.


Berbeda dengan kebanyakan jenis monyet, orangutan tidak lincah dan tidak agresif. Mereka terlihat ramah dan jarang berkelahi. Mereka juga jarang mengeluarkan suara-suara berisik di hutan. Orangutan mempunyai kemampuan belajar yang baik, sehingga mudah menirukan aktivitas manusia. Di alam liar orangutan menunjukkan perilaku yang cerdas, misalnya mereka menggunakan daun lebar sebagai payung saat hujan, menggunakan segenggam daun untuk membersihkan tubuh, atau menggunakan sepotong dahan untuk mengusir serangga. Setiap hari sebelum tidur mereka menumpuk dahan-dahan untuk tempat tidur.

Kembali ke judul !! Orangutan juga disebut sebagai payung dunia karena kebiasaan uniknya yang secara tidak langsung membantu menjaga flora dan fauna. Orangutan memiliki cara makan yang lucu, yaitu senang memakan buah sambil menjelajah dari satu pohon ke pohon lainnya. Sehingga biji buah yang dimakan terjatuh dan akhirnya membantu penyebaran benih-benih tanaman di hutan. Selain itu, ketika bergelantungan. Oranghutan membengkokkan dan mematahkan dahan-dahan pohon besar, sehingga membantu membantu proses fotosintesis pohon-pohon kecil dibawah. WOW!!

Oleh karena itu lah Orangutan dijuluki sebagai payung dunia atau penjaga dunia, kelestarian mereka menjamin kelestarian habitat dan mahluk lain yang hidup di sana.

Menjaga mereka sama artinya dengan menyelamatkan anak cucu kita.
*tidak ada orangutan yang tersakiti dalam postingan ini

Sumber : olvista.com dan www.gadis.co.id

0 komentar: