Rokok mempercepat Global Warming ?

Saya seorang perokok. Mungkin bisa dikatakan sudah menjadi pecandu berat. Saya sudah merokok semenjak SMP. Ya!! Saya ga tau sudah berapa ratus batang rokok yang sudah saya konsumsi. #MaapJadiCurhat.

Ngomongin soal rokok. Setelah saya melakukan survey di postingan sebelumnya. Nah disitu terlihat jelas, ada beberapa opini mengenai hubungan rokok dan global warming. Sebagian orang mengatakan bahwa merokok di berpengaruh terhadap global warming, dan sebagian lagi mengatakan sebaliknya. Disini saya akan memperjelas atas apa yang terjadi #Pret.

Menurut postingan sebelumnya mengenai penyebab global warming yang saya cantumkan di sini, gas CO2 dan Metana adalah unsur yang paling mempengaruhi tidak keluarnya panas matahari dari bumi. Dan tahukah anda? Bahwa rokok memiliki 2 unsur tersebut. Ya benar!! Rokok mengandung gas CO2 dan Metana.



Memang benar kandungan CO2 dan Metana di dalam rokok sangat sedikit sekali. Merokok bukan faktor utama penyebab terjadi nya Global Warming, dan mungkin saja pengaruhnya hanya 0,0000000000001%. Namun, jika dalam sehari seseorang bisa menghabiskan 1 bungkus rokok (sekitar 16-20 batang), bayangkan saja berapa batang rokok yang dihabiskan perokok seluruh dunia dalam sehari. Anggap saja terdapat 2 Miliyar orang (20% penduduk bumi) yang menghisap rokok 20 batang dalam sehari dan kalau setiap batang menghasilkan 1 liter gas CO2. Jika dikalkulasikan "20 batang X 1 liter CO2 X 2 Milliar Perokok" maka dalam sehari akan menghasilkan sekitar 20 milliar litter CO2.

Jadi menurut saya, merokok memang menjadi salah satu faktor terjadinya Global Warming. Selain gas CO2 dan Metana. Dari proses pembakaran rokok juga menghasilkan gas Nitro yang merupakan unsur penahan panas matahari di bumi. Selain menjadi penyebab Global Warming, tentu saja rokok menjadi sumber penyakit. Baik aktif maupun pasif, merokok tetap membahayakan kesehatan.

Seperti yang saya tulis di awal postingan, saya juga merokok. Dan saya saya sadar bahwa merokok itu sangat mengganggu kesehatan. Saya tulis di atas agar tidak terkesan munafik #peace. Mungkin setelah ini, saya berusaha untuk merubah semuanya. Hanya tinggal tunggu waktu dan niat saja.

Selain niat dari individu, saya rasa peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam pengurangan asap rokok. Sebagian daerah sudah menjalankannya, seperti tidak boleh merokok di angkutan umum, di perkantoran, dan di beberapa tempat lainnya.

Cukup sudah postingan singkat saya hari ini. Semoga bisa menjawab apa yang dipertanyakan selama ini.
Saya rasa, tulisan peringatan di kotak rokok harus diganti secepatnya, menjadi ....
Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin, serta global warming.

0 komentar: